memperbaiki potensio polytron rusak


Memperbaiki potensio polytron rusakan - Potensio yaitu salah satu resistor yang memiliki nilai resistansi yang dapat di atur sesui dengan kebutuhan suatu rangkaian elektronika dan dapat di atur sesuai kebutuhan pemakai.

Memperbaiki potensio polytron rusak

Sehingga potensio pun terkadang mengalami kerusakan, yang membuat suara yang di hasilkan pada sebuah perangkat elektronika menjadi cacat pada suara.

Baca : Potensio bunyi kresek saat di putar 

Di saat sebuah potensio mengalami rusak, potensio harus segera di perbaiki atau bisa langsung diganti dengan potensio yang baru. Itu pun kalau kaki potensio nya sama dengan potensio yang di jual bebas di pasaran.

Memperbaiki potensio polytron rusak

Apalagi potensio yang mengalami kerusakan tersebut buatan sebuah perangkat elektronik seperti polytron yang pada potensio nya jarang di jual di toko elektronik, sehingga susah untuk mencari suku cadang nya. Saran saya anda bisa langsung servis ke servis center polytron nya, agar sesuai dengan suku cadang yang mengalami kerusakan seperti kerusakan pada potensio.

Pada saat Potensio polytron rusak akan mengakibatkan perbedaan suara yang keluar dari sebuah speaker R dan L, tidak seimbang dan terkadang suara pada speaker R menyala tetapi pada speaker L tidak mengeluarkan bunyi.

Dan terkadang pada saat Potensio polytron rusak disaat potensio sedang di putar, suara yang keluar dari speaker kadang menyala dan kadang tidak menyala.

Memperbaiki potensio polytron rusak

Karena sebuah potensio terdiri dari beberapa bagian, seperti elemen resistif, wiper atau penyapu, dan terminal.

Kerusakan pada bagian dalam biasa nya ada yang patah atau ada yang longgar di bagian dalam potensio polytron yang mengalami kerusakan pada bagian internal atau di bagian dalam seperti kerusakan pada penyapu atau wiper terjadi patah di dalam, sehingga wiper atau penyapu tidak menempel tepat ke elemen resistif.
Bagian dalam pada potensio yang terdiri dari sebuah elemen resistif yang membuat jalur dengan terminal di kedua ujung nya, wiper atau penyapu yang di gunakan untuk menentukan suatu pergerakan pada jalur elemen resistif.

Baca juga : Menambah suara bas tambah besar

Apa bila Potensio polytron rusak alternatif nya kita bisa memperbaiki sendiri dengan langkah dibawah ini:

" buka potensio polytron rusak " cara buka nya : congkel 4 buah pengunci yang terdapat pada bagian belakang dengan menggunakan obeng min atau alat yang pipih kecil.
Contoh gambar
Setelah potensio sudah di buka, keluarkan bagian internal nya, lalu periksa pada bagian wiper nya rangkaian biasa nya berupa logam putih, apakah bagian pada wiper nya ada yang copot atau tidak, kalau ada yang copot seperti logam nya, pasang kembali logam tersebut pada wiper yang patah dengan cara di lem ke bagian wiper yang mengalami patah. Lem dengan hati hati logam tersebut, jangan sampai lem berlebihan ke sisi yang lainnya, tunggu sampai lem kering.

Kalau lem sudah kering, pasang kembali potensio bagian dalam atau internal nya satu persatu dari mulai wiper hingga bagian elemen resistif. Lalu kunci kembali pengunci belakang pada potensio.

Sekian dan terima kasih




Comments

Popular Posts